Palangka Raya – Kiprah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Palangka Raya semakin diperhitungkan akhir-akhir ini. Kenapa? Karena salah satu mahasiswanya, bisa menembus satu ajang bergengsi di tingkat internasional yaitu international conference “First and Foremost’ di Inggris. Bahkan saat ini baru duduk di Semester II. Siapa dia?

Ia adalah Debi Fizar. Baru duduk di semester II Jurusan Ekonomi Syariah FEBI IAIN Palangka Raya. Debi tembus di international conference “First and Foremost: Halal at the Heart of All Industries”,  pada 29- 31 Juli 2017, yang saat ini sedang berlangsung di Durham Business School, United Kingdom.

“Bahwa prinsip halal food saat ini lagi tren diperbincangkan dalam dunia internasional. Setelah acara nanti panitia mengajak city tour keliling Inggris yaitu Istana Elizabeth, ke Oxford University, napak tilas Sir Issac Newton, ke Tower Bridge dan Bigbang, melihat lounching harry potter dan tempat lainnya,” ungkapnya kegirangan.

Debi yang saat ini berada di Durham, melalui aplikasi online ‘skype’ mengucapkan terimakasihnya kepada Ibu Dekan FEBI Rahmaniar, Wali Kota Palangka Raya Riban Satia, Bupati Muara Teweh Nadalsyah, Bank Pembangunan Kalteng, PW Nahdlatul Ulama Kalteng, MES Kalteng, dan semua pihak yang telah mensponsori kegiatan ini.

Mujiman dan Ibu Galuh yang merupakan orang tua Debi Fizar sempat tidak percaya jika putranya akan bertolak ke Kerajaan Inggris. Ia mengungkap kecemasannya dan mengatakan “inggris te’ nah kejau banar” dalam bahasa Dayak setempat.

Dalam kesempatan berbeda, Rektor IAIN Ibnu Elmi AS Pelu menyampaikan rasa bangga atas torehan prestasi Debi atas keberhasilannya menjadi pembicara di Durham Business School.

“Kampus IAIN memang tengah melaksanakan program internasionalisasi kampus. Tampaknya program ini tidak dilewatkan oleh mahasiswa kami, semoga keberhasilan Debi menjadi model bagi prestasi mahasiswa selanjutnya,” singkat Ibnu.

sumber: http://m.borneonews.co.id/berita/70859-masih-kuliah-semester-ii-tembus-ajang-bergengsi-di-inggris-siapa-dia