Makna Nilai Dasar dan Visi IAIN Palangka Raya

Makna Nilai Dasar

Nilai-nilai Dasar IAIN adalah Kemanfaatan. Keterpaduan nilai manfaat sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT dan nilai keunggulan (excellence).

Manusia yang membawa manfaat kebaikan adalah muara proses pendidikan karakter berdimensi vertikal para Allah dan interaksi horizontal dengan makhluk Allah lainnya. Keduanya adalah bentuk pengabdian kepada Allah yang dijiwai oleh sifat-sifat utama (alfadlilah), yaitu: ikhlas, taqwa, jujur, adil, kerjasama, toleransi, arif, amanah dan tanggung jawab.

Keunggulan ditunjukkan dengan sifat-sifat utama (alfadlilah), yaitu: cerdas, disiplin, proaktif, terbuka, kreatif, mandiri, efektif, efisien, dan integratif. Dengan dimilikinya sifat-sifat utama tersebut, maka kehadiran IAIN akan mendatangkan kemaslahatan bagi alam semesta; yaitu memberikan manfaat dan menjauhkan kemudharatan.

Memperhatikan nilai-nilai dasar tersebut, IAIN memiliki komitmen untuk menghasilkan manusia yang berkualitas (Ulil Albab), yaitu manusia yang berilmu amaliyah, beramal ilmiah serta berakhlakul karimah. Dengan kriteria ini diharapkan warga IAIN Palangka Raya mampu melaksanakan fungsinya sebagai khalifatullah fil-‘ardl dan mampu bersaing dalam kehidupan yang mensyaratkan perlunya modal spiritual, intelektual, emosional, dan fisik yang prima dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, budaya, dan seni serta dinamika masyarakat yang terus berkembang dana berubah.

Komitmen ini diwujudkan melalui kegiatan kurikuler, ko-kurikuler dan non-kurikuler. IAIN juga berkomitmen untuk merealisasikan nilai pengabdian kepada masyarakat melalui perilaku untuk mengajak kepada kebaikan dan mencegah terhadap keburukan.

Makna Visi

Visi merupakan cita-cita masa depan yang diinginkan oleh suatu organisasi. Visi IAIN Palangka Raya dikembangkan berdasarkan beberapa pilar.

Pilar pertama, Terdepan, dengan kerja terukur harus membawa transformasi nilai-nilai Qur’an dan Sunnah dalam tiga aspek utama pendidikan yakni dan profesionalitas pada sektor kelembagaan. Pilar pertama mengandung nilai filosofis yang merefleksikan “standar mutu input, proses dan out put.

Pilar kedua adalah keunggulan aspek spiritual, intelektual dan sosial yang mengandung makna filosofis merefleksikan standar mutu proses dan standar mutu output sebagai kata kuncinya. Keunggulan ini terukur dari hasil riset, layanan akademik, profesionalitas sikap yang diperhitungkan masyarakat dan komunitas akademik.

Pilar ketiga, Terpercaya, IAIN Palangka Raya harus dapat berkembang baik bersinergi/menjalin kerjasama dengan stakeholders, mengandung makna filosifis yang merefleksikan standar mutu kelembagaan legal-formal dalam bentuk prestasi pengakuan baik dari pihak eksternal sebagai wujud akuntabilitas dan profesionalisme memposisikan lembaga.

Pilar keempat, Berkarakter, IAIN Palangka Raya berkomitmen untuk menggali, mengaplikasikan dan menjunjung tinggi nilai-nilai ahlakul karimah seluruh sivitas akademika dan masyarakat berdasarkan Al Qur’an dan Al-Hadis.

Pilar kelima ini mengandung makna religi filosifis yang merefleksikan terwujudnya suasana kampus dan masyarakat madani yang penuh dengan keteladanan, kedamaian dan kemandirian (enterpreneurship) dengan perpaduan pola pendidikan Tinggi dan Ma’had al-Jami’ah.