Palangka Raya – Setiap hari kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengembangan Bahasa selalu didatangi oleh pendaftar tes TOEFL-LIKE dari masyarakat umum meskipun letak Kantor Pelayanan berada di lantai 3 Lab. Terpadu IAIN Palangka Raya. Mereka memilih IAIN Palangka Raya karena IAIN Palangka Raya adalah salah satu Perguruan Tinggi Islam Negeri di Palangka Raya yang memiliki Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengembangan Bahasa dan telah mengeluarkan Sertifikat TOEFL Prediction.

Berdasarkan Pengumuman Penerimaan CPNS tahun ini diberbagai instansi pemerintah mensyaratkan para Peserta CPNS untuk memiliki sertifikat TOEFL minimal TOEFL Prediction yang dikeluarkan oleh lembaga Bahasa dari Perguruan Tinggi Negeri dengan Skor minimal 450. Bagi Mahasiswa lulusan IAIN Palangka Raya persyaratan tersebut tidaklah memberatkan mereka untuk mendaftar CPNS karena mahasiswa sudah pasti memiliki sertifikat TOEFL Prediction dengan skor minimal 450 yang mana sertifikat tersebut dahulunya digunakan mahasiswa untuk melengkapi prasyarat mendaftar ujian skripsi. Ketetapan skor minimal tersebut juga dipertegas dengan keluarnya Surat Keputusan Rektor Nomor : 200 Tentang : Tentang Skor Minimal TOEFL-LIKE dan TOAFL LIKE Sarjana dan Pascasarjana.

Jika melihat dari data pendaftaran pada Kantor UPT.Pengembangan Bahasa ada beberapa lembaga yang rutin selalu mengikuti Tes Kompetensi Bahasa di UPT.Pengembangan Bahasa IAIN Palangka Raya diantaranya yakni Pegawai Badan Pusat Statistik Palangka Raya, Mahasiswa STIMIK, Mahasiswa Muhammadiyah Palangka Raya, Mahasiswa Universitas Palangka Raya dan beberapa instansi lainnya.

Meningkatnya jumlah peminat tes kemampuan Bahasa di Lab. Bahasa Lantai 3, tim pengelola data terdorong untuk memaksimalkan penggunaan website dan fanpage facebook UPT.Pengembangan Bahasa supaya masyarakat umum yang berkeinginan mengikuti tes tidak kecewa ketika sudah naik ke lantai 3 Lab.Bahasa dikarenakan sudah habisnya kuota Pendaftaran Tes Kompetensi Bahasa TOEFL Prediction atau TOEFL-LIKE.

Alhamdulilah meskipun kantor pelayanan Pengembangan Bahasa berada di lantai 3 Lab.Terpadu IAIN Palangka Raya tidak menyurutkan kepercayaan masyarakat umum untuk memilih UPT.Pengembangan Bahasa sebagai tempat untuk mengikuti tes Kompetensi Bahasa.

Kami selaku tim pelaksana tes berterima kasih kepada masyarakat umum yang telah memilih IAIN Palangka Raya sebagai tempat tes kompetensi bahasa. Kami mengharapkan kritik dan saran dengan harapan dengan adanya masukan tersebut. Kami mampu meningkatkan pelayanan yang mana dapat mengantarkan UPT.Pengembangan Bahasa sebagai pusat pelayanan pelatihan dan tes Kompetensi Bahasa Asing bukan lagi TOEFL Prediction tetapi berubah menjadi TOEFL ITP yang professional dan terpercaya di Kalimantan Tengah.

sumber: http://pb.iain-palangkaraya.ac.id/2017/09/lab-bahasa-iain-palangka-raya-jadi.html?m=0