Cara Pembinaan Pegawai Sekaligus Buka Puasa Bersama Fakultas Syariah Iain Palangka Raya

Palangka Raya – Acara ini disamping dihadiri oleh dosen-dosen Fakultas Syariah juga dihadiri unsur-unsur Pimpinan IAIN Palangka Raya seperti Rektor, Wakil Rektor 2 dan Wakil Rektor 3, Karo, para Dekan, Kabag dan staf serta para mahasiswa IAIN Palangka Raya. Hal yg lebih menggembirakan acara ini juga dihadiri Kakanwil Provinsi Kalimantan Tengah Drs. H. Masrawan, M.Ag.

Dalam kata Sambutan, Rektor IAIN Palangka Raya Dr. H. Khairil Anwar, M.Ag mengajak semua unsur untuk bahu membahu mensukseskan pengembangan kampus ini dari hal-hal pergaulan, komunikasi, tata berpakaian dan termasuk pula untuk memperjuangkan kampus ini menjadi Universitas Islam Negeri (UIN).

Di sisi lainnya, Dekan Fakultas Syariah Dr. H. Abdul Helim, M.Ag dalam sambutannya menegaskan bahwa keinginan untuk mengembangkan kampus ini tentu diawali dari rasa kebersamaan, kedisiplinan, keterbukaan untuk mencapai tujuan yang sama. Tanpa ada rasa seperti ini, seluhur apapun tujuan tersebut akan mendapatkan kendala. Oleh karena itu ia mengajak agar apa yg dilakukan di kampus ini adalah untuk kepentingan bersama. Ia mengibaratkan bahwa suatu atap tidak mungkin bisa terbentang di atas tanpa adanya tiang. Tiang pun tidak akan kuat jika tidak direkatkan oleh dinding. Namun semua itu, tak akan maksimal jika tidak ada pondasi. Pondasi pun juga dapat ikut oleng jika tidak ditanam ke dalam tanah. Artinya, semua itu diperlukan adanya kebersamaan dalam satu tujuan.

Hal seperti ini juga ditimpali oleh Penceramah Ust. Akhmad Supriadi, M.SI. Apa yang disampaikannya amat mencerahkan. Ia mengambil tamsil semut dan laba2. Semut adalah makhluk Allah yang kecil, tetapi mereka dapat membangun rumah mereka. Itu semua terjadi karena jalinan kerjasama mereka berada di satu jalan untuk mencapai satu tujuan. Begitu juga filosofi laba-laba. Bentuk rumah laba-laba adalah jaring sehingga disebut jaring laba-laba. Makna dari jaring laba-laba ini adalah untuk tercapainya suatu kekuatan sehingga tujuan mulia pun dapat dicapai, perlu membangun relasi dari berbagai pihak. Itulah beberapa hal yg disampaikan baik dari Rektor IAIN, Dekan dan Penceramah yang pada intinya pentingnya membina kebersamaan dan kerjasama semua pihak untuk mensukseskan tujuan yang diinginkan. (AH)