News

Kampus Itah News

FEBI Lakukan Magang Dosen dan Tendik di IAIN Purwokerto

Nov 13 2018

Selasa, 13 November 2018 bertempat di Aula Rapat Lantai 2 IAIN Purwokerto secara resmi menerima Tim Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Palangka Raya yang terdiri dari Ketua Tim yaitu Drs. H. Hajaji, M.Pd beserta Tim yaitu Yudisworo. DS, M.Noor Sayuti, ME, Fuad Muhajirin Farid, M.SI, Rahmad Kurniawan, S.E.Sy, ME, Jefry Tarantang, S.Sy, SH, MH, Nur Fuadi Rahman, M.Pd, dan Nizar Ahmad, S.Pd.I.
Tim tersebut melaksanakan magang terkait borang akreditasi yang dilaksanakan selama 3 hari sampai tanggal 15 November 2018. Dalam kesempatan tersebut secara resmi Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Purwokerto yaitu Dr. H. Fathul Aminuddin Aziz, MM dan Kepala Lembaga Penjamin Mutu yaitu Dr. H. Suwito NS, M.Ag. dan juga Dr. Tutuk Ningsih, M.Pd yang juga merupakan mantan dosen IAIN Palangka Raya.
Dalam sambutannya Kepala Lembaga Penjamin Mutu Dr. H. Suwito, M.Ag menyampaikan “selamat datang Tim FEBI, kita akan belajar bersama tentang borang dan maju bersama membangun institusi perguruan tinggi Islam yang lebih baik lagi.” Ungkap beliau. Begitu juga menurut Dr. H. Hajaji, M.Pd juga menyampaikan “kami juga berterima kasih atas keramahan dan kesediaan IAIN Purwokerto sudi menerima kami untuk belajar borang, baik dari segi dosen maupun tenaga kependidikan, semoga bisa menggali dan mendapatkan pembelajaran yang sangat bermanfaat ini.” Ungkap beliau.

The post FEBI Lakukan Magang Dosen dan Tendik di IAIN Purwokerto appeared first on Kampus Itah News.

Usulkan Bangun Gedung Fakultas dan Ma’had Putra

Nov 8 2018

PALANGKA RAYA – Rektor IAIN Palangka Raya dalam kesempatan ditemui tim redaksi KIN yang sedang menyelesaikan Usulan Pembangunan Gedung Fakultas dan Asrama Ma’had Putra.
Dalam diskusi ringan bersama Rektor yang menegaskan kondisi Gedung perkantoran Fakultas dan Mahad Putra sudah menjadi kebutuhan nyata dalam kondisi perkembangan jumlah mahasiswa yang berbanding lurus dengan pelayanan akademik di fakultas.Penataan sarana prasarana tingkat fakultas dan mahad putra agar terealisasi cepat. Maka usulan diarahkan pada sumber dana SBSN yang pernah di raih di tahun 2016 dan 2017 oleh IAIN Palangka Raya.
Usulan pembangunan tersebut diharapkan nanti menjadi satu irama dengan langkah pengembangan IAIN Palangka Raya.

The post Usulkan Bangun Gedung Fakultas dan Ma’had Putra appeared first on Kampus Itah News.

Rektor Janji Penuhi Ketersedian Sarana LPH

Nov 8 2018

Palangka Raya – Keseriusan IAIN Palangka Raya dalam mendukung program BPJPH Kementerian Agama RI. Melalui postur anggaran 2019 dialokasikan dalam memenuhi 4 syarat pendirian yaitu: mempunyai gedung sendiri, memiliki akreditasi dari BPJPH, tersedia SDM dan memiliki laboratorium atau bekerjasama dengan lembaga yang memiliki laboratorium tersertifikasi.
Ibnu selaku Rektor IAIN Palangka Raya dikonfirmasi untuk kesiapan menegaskan gedung dan tenaga telah siap. Tinggal menyempurnakan secara optimal dukungan peralatan modern meliputi : Alat laboratorium GCMS digunakan untuk uji alkohol/etanol dan PCR konvensional dan real time.
Ibnu juga menyadari untuk mendirikan sebuah laboraorium harus diperhatikan kelengkapan bahan, kelengkapan alat-alat pendukung, biaya operasional dan maintenance.
Keserius IAIN Palangka Raya ini, Ibnu tegas sesuai dengan RIP dan Renstra masa kepemimpinannya yakni memunculkan keilmuwan terapan sebagai basis belajar integrasi ilmu menuju perguruan tinggi yang meletakan ilmuwan tidak hanya di menara gading tetapi nyata dalam masyarakat dalam wujud Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) modern.

The post Rektor Janji Penuhi Ketersedian Sarana LPH appeared first on Kampus Itah News.

Semangat Dosen IAIN Ikuti Kegiatan Diklat Auditor Halal

Nov 7 2018

PALANGKA RAYA – Tanggal 6 November 2018 telah dilaksanakan Pembukaan Diklat Calon Auditor Halal Angkatan III dan IV Pusat Pemberian dan Pengawasan Jaminan Produk Halal oleh Prof. Ir. Sukoco, MSc, PHd, Kepala badan BPJPH Sekaligus mengisi materi pertama mengenai kebijakan BPJPH dalam pemberian jaminan produk halal.
Sebagai bagian dari komunitas masyarakat muslim terbesar didunia, sertifikasi halal sangat urgent diberikan pada produk yang dikonsumsi masyarakat. Karena kehalalan produk akan berkaitan dengan banyak aspek kehidupan diantaranya sikap, cara berfikir, dan adab masyarakat secara umum.Kampus IAIN Palangka Raya sebagai perpanjangan tangan BPJPH dapat berperan sebagai Halal Center, dimana akan berlangung segala kegiatan pengawasan dan pemberian jaminan produk halal serta sosialisasi kepada masyarakat. Teknisnya, Kampus yang ditunjuk oleh BPJPH hanya meneliti dan memberikan rekomendasi kepada BPJPH terhadap kehalalan suatu produk. Selanjutnya, legalitas kehalalan tetap diberikan oleh BPJPH.
yang dimaksud dengan produk adalah barang dan jasa, dalam hal ini makanan, minuman, kosmetik, biomedical produk, dan bioengine product. Diharapkan bahwa masyarakat Kalimantan Tengah akan semakin sadar terhadap kehalalan produk yang dikonsumsi.

The post Semangat Dosen IAIN Ikuti Kegiatan Diklat Auditor Halal appeared first on Kampus Itah News.

Mahasiswa Semester 1 Jadi Presenter Termuda Seminar Internasional Religion 2018

Nov 6 2018

Mahasiswa IAIN Palangka Raya kembali menorehkan prestasi di bidang akademik. Meskipun terbilang baru semester 1, 4 mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam tersebut menjadi presenter termuda dalam kegiatan International Seminar “Religion and Religious Education in Post Modern Era” yang diselenggarakan oleh IAHN Tampung Penyang Palangka Raya pada tanggal 5 November 2018 lalu di Hotel Aquarius.
4 mahasiswa tersebut adalah Muhammad Mafrukhi Fahmi prodi Ekonomi Syariah dan Kharisma Akhbirna Mufida Prodi Perbankan Syariah mempresentasikan penelitian dengan judul “The Internalization Moral Values Mahasantri of IAIN Palangka Raya (Approach Ethical Behavior and Religious), dan Muhammad Sugianor prodi Ekonomi Syariah dan Normida Ayu Reta Ningsih Prodi Perbankan Syariah mempresentasikan penelitian berjudul “The Interconnection Between Law, Moral, and Religious in Our Nation and State.”
Fahmi mengatakan “ini menjadi pengalaman berharga bagi kami, bisa mengikuti ajang internasional dan bertemu para akademisi senior merupakan hal yang sangat membanggakan. Terlebih lagi banyak ilmu yang kami dapat dari kegiatan ini.” Ujar mahasiswa semester 1 tersebut.

The post Mahasiswa Semester 1 Jadi Presenter Termuda Seminar Internasional Religion 2018 appeared first on Kampus Itah News.

Dosen IAIN Palangka Raya Jadi Tokoh Ekonomi Syariah di Festival Ekonomi Syariah Nasional

Nov 6 2018

Bank Indonesia sebagai penggagas kegiatan Festival Ekonomi Syariah Nasional mengusung tema “Penguatan Halal dalam Semua Industri” di Balikpapan pada tanggal 2-5 November 2018. Bank Indonesia Kalteng turut berpartisipasi mengikuti agenda tersebut yaitu mendelegasikan Tokoh Ekonomi Kalteng yang telah dipilih sesuai kapabilitas dan juga melalui rapat dengan berbagai pihak seperti Masyarakat Ekonomi Syariah memilih Tokoh Ekonomi Syariah Daerah yaitu Dr. Ahmad Dakhoir, SHI, MHI. Beliau merupakan tokoh yang concern di bidang ekonomi syariah selama 10 tahun terakhir, baik dari aspek pemahaman, pengamalan dan pembumian ekonomi syariah terhadap masyarakat Kalteng.

Kegiatan Festival Ekonomi Syariah Nasional juga mengadakan Share Learning dalam Forum Tokoh Ekonomi Syariah Nasional yang terdiri dari Tokoh Ekonomi Daerah dari seluruh Indonesia dengan tema “Penguatan Ekonomi Syariah dalam Pengembangan Halal Value Chain 2018 di Hotel Grand Jatra kota Balikpapan Kalimantan Timur.

Dr. Ahmad Dakhoir selaku Delegasi Tokoh Ekonomi Syariah Kalteng yang juga merupakam salah satu Dosen IAIN Palangka Raya mengucapkan “terimakasih kepada bapak Wuryanto selaku KPw Bank Indonesia Prov Kalteng dan Bapak Setian selaku deputi kepala perwakilan BI kalteng, serta kepercayaan Masyarakat Ekonomi Syariah dan masyarakat Kalteng yang mempercayakan kami menjadi Tokoh Ekonomi Syariah Daerah dan mendukung kami turut andil dalam event bergengsi ini.” Ungkap beliau.

The post Dosen IAIN Palangka Raya Jadi Tokoh Ekonomi Syariah di Festival Ekonomi Syariah Nasional appeared first on Kampus Itah News.

Prodi Hukum Ekonomi Syariah Adakan Bedah Buku “Pajak dalam Bingkai Syariah”

Nov 3 2018

Sabtu, 3 November 2018 bertempat di Aula Fakultas Syariah Gedung Triple Towers IAIN Palangka Raya dilaksanakan kegiatan Bedah Buku Prodi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah yang diikuti oleh ratusan peserta terdiri dari dosen dan mahasiswa. Bedah buku tersebut merupaka karya dosen prodi Hukum Ekonomi Syariah yang berjudul “Pajak dalam Bingkai Syariah” karya Ali Murtadho, MH yang diterbitkan oleh Pustaka Pelajar Yogyakarta.

Menurut Tri Hidayati, MH selaku Kaprodi Hukum Ekonomi Syariah mengatakan “Kegiatan ini bertujuan tidak hanya menguak sekaligus mengkritisi konten2 yang disajikan dalam buku karya Ali Murtadho, MH juga sebagai apresiasi atas kreatifitas intelektual dosen sehingga diharapkan ke depan dapat lebih produktif mengasilkan karya-karya intelektual yang bermanfaat bagi masyarakat akademis dan masyarakat umum lainnya.” Ujar beliau.

Kegiatan Bedah buku tersebut menghadirkan Drs.Surya Sukti, MA selaku pembedah utama dan Soritua H. Siregar, M.Kn sebagai moderator. Antusias peserta dalam kegiatan tersebut cukup tinggi bahkan banyak pertanyaan seputar permasalahan dalam buku tersebut yang menarik untuk dikaji dan didiskusikan secara komprehensif.

The post Prodi Hukum Ekonomi Syariah Adakan Bedah Buku “Pajak dalam Bingkai Syariah” appeared first on Kampus Itah News.

Rektor IAIN Palangka Raya Sukses Hipnotis Ribuan Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga

Nov 3 2018

Sabtu, 3 November 2018 bertemp\nat di Gedung Prof. H. Soenarjo Lantai 1 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda, Pusat Studi Pancasila dan Bela Negara UIN Sunan Kalijaga Yogyakarya menyelenggarakan Seminar Nasional “Pemuda dan Bela Negara” yang secara resmi dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. H. Joko Widodo.

Seminar nasional bela negara tersebut, menghadirkan Dr. Ibnu Elmi A.S. Pelu, SH, MH yang juga merupakan Rektor IAIN Palangka Raya sebagai keynote speaker. Dengan piawai Dr. Ibnu Elmi A.S. Pelu, SH, MH berhasil menghipnotis ribuan mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan orasi ilmiah “Pemuda Garda Bela Negara Perspektif Moralitas dan Hukum.” Dan juga ditambah penampilan beliau menyanyikan lagu Hits yang digandrungi para pemuda menambah semarak seminar tersebut.
Dr. Ibnu Elmi A.S. Pelu, SH, MH menyampaikan “pemuda harus energik dan semangat sebagai garda terdepan dalam bela negara. Pemuda jangan mudah diprovokasi dijadikan alat politik, serta mampu mempertahankan ideologi Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.” Ungkap beliau.

The post Rektor IAIN Palangka Raya Sukses Hipnotis Ribuan Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga appeared first on Kampus Itah News.